7 (tujuh) Prinsip Palang Merah : Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, Kesemestaan.



Kamis, 08 Januari 2009

Pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana


Penyampaian berita melalui alat komunikasi (HT)






Terlihat seorang warga lari tergopoh-gopoh melaporkan terjadinya banjir yang melanda wilayahnya kepada salah satu aparat kelurahan yang kemudian menindaklanjuti dan menyampaikan langsung kepada pihak terkait akan jumlah kerugian jiwa maupun material & permintaan bantuan yang dibutuhkan segera oleh warganya melalui komunikasi dengan menggunakan HT.

Demikian salah satu simulasi dalam pelatihan Manajemen Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh PMI Cabang Kota Semarang pada 19-21 Desember di tempat yang sama. Pelatihan diikuti oleh 50 peserta terdiri dari relawan, anggota SARDA, KESBANGPOL&LINMAS dan karang taruna.

Acara dibuka oleh Walikota Semarang yang diwakili Bp. Ari dari KESBANGPOL & LINMAS Semarang. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan pelatihan manajemen penanggulangan bencana ini merupakan salah satu wujud kepedulian sosial dari segenap komponen masyarakat Kota Semarang yang dipelopori oleh PMI Kota Semarang dalam upaya mencegah terjadinya bencana kebakaran, banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnyadi Kota Semarang sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini akan tercipta koordinasi yang baik dan efektif antara pemerintah dengan berbagai elemen masyarakat.

Pelatihan manajemen penanggulangan bencana merupakan program dari seksi siaga bencana yang diadakan guna meningkatkan kemampuan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta menyiapkan relawan yang berpotensi untuk menghadapi bencana dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat di daerah rawan kejadian bencana.


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda